Kapal Induk AS Harry S Truman Gabung Latihan Perang Terbesar NATO

loading…

Kapal induk Amerika Serikat Harry S Truman dan kelompok tempurnya saat melintasi Atlantik Utara pada 18 September 2018. Foto/MC2 Thomas Gooley/Navy

BRUSSELS – Kapal induk Amerika Serikat (AS), Harry S Truman telah kembali dengan cepat ke Eropa untuk berpartisipasi dalam latihan perang terbesar NATO yang dimulai akhir bulan ini. Keterlibatan kapal raksasa ini diumumkan hari Selasa di Brussels.

Setelah tiba di Norfolk, Virginia, pada bulan Juli, kapal induk Amerika ini kembali berlayar ke Eropa pada 16 September dan sekarang siap untuk memainkan peran kunci dalam “Trident Juncture 2018”, latihan terbesar NATO dalam dua dekade terakhir. Pasukan dari semua 29 anggota NATO ditambah negara mitra Swedia dan Finlandia akan berpartisipasi dalam manuver akbar itu.

Pengumuman disampaikan pada konferensi pers di markas NATO di Brussels pada hari Selasa oleh Laksamana James G. Foggo, komandan Angkatan Laut AS untuk Eropa-Afrika dan Kepala Gabungan Angkatan Laut NATO.

Foggo mengatakan kepada wartawan bahwa partisipasi kapal Harry S Truman dan kelompok tempurnya akan meningkatkan jumlah pasukan dalam latihan sebanyak 6.000 personel.

Penyebaran yang disingkat kapal Truman ke Eropa pada musim panas merupakan langkah AS yang radikal menuju tujuan akhir untuk memulihkan kesiapan sehingga pasukan dapat siap untuk konflik besar dengan pemberitahuan singkat.

Berbicara tentang kembalinya kapal Truman ke Eropa, Foggo mengatakan; “Saya tidak bisa lebih bahagia tentang itu”.

Dia menyatakan gembira bahwa kapal induk dan kelompok tempurnya seperti kapal dengan rudal jelajah berpandu dan kapal perusak akan melanjutkan operasi di Atlantik Utara.